PENERAPAN ENTERPRISE
RESOURCE
PLANNING (ERP) PADA
PLANNING (ERP) PADA
PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS
Disusun
Oleh ;
Alex
Irfani (1401141576) – LA16
PAPER INI DIBUAT GUNA UNTUK
MELENGKAPI TUGAS MATA KULIAH
ENTERPRISE SYSTEM
KATA PENGANTAR
Puji syukur berkat
rahmat dan karunia Allah SWT penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Enterprise
System yaitu “Penerapan Enterprise
Resource Planning (ERP) pada PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills”.
Perusahaan dalam menghadapi persaingan global harus
mampu mengintegrasikan setiap lini dalam perusahaanya dengan baik. Oleh karena
itu diperluakan suatu aplikasi untuk dapat membantu perusahaan untuk menjalankan roda bisnisnya
menjadi lebih baik. Aplikasi tersebut adalah Enterprise Resource Planning (ERP).
Pada kesempatan ini pula
penulis mengucapkan
terima kasih kepada dosen mata kuliah Enterprise System yakni Ir. Tumar, M.Kom dan
juga kepada semua pihak sehingga tugas paper ini dapat tersusun. Semoga paper
ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran membangun senantiasa kami
terima demi kesempurnaan paper ini.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................
ii
DAFTAR ISI...............................................................................
iii
I. PENDAHULUAN.................................................................
1
1.1 Latar Belakang.......................................................................
1
1.2
Tujuan................................................................................... 1
1.3 Manfaat ................................................................................ 1
II. TINJAUAN PUSTAKA....................................................... 2
III. METODOLOGI.................................................................. 4
3.1Objek dan Waktu Penulisan.....................................................
4
3.2 Metodologi............................................................................ 4
3.3 Jenis dan Sumber Data .......................................................... 4
3.3 Analisis Data ......................................................................... 4
IV. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN............................ 5
V.
PENERAPAN ERP PADA
PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS....................... 6
PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS....................... 6
VI.
KESIMPULAN DAN SARAN............................................ 10
6.1Kesimpulan...............................................................................
10
6.2 Saran.......................................................................................
10
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................ 11
I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Peran utama sistem
informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang efektif atas
strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif. Peran
strategis sistem informasi ini melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk
mengembangkan berbagai produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan
perusahaan keunggulan besar atas tekanan kompetitif dalam pasar global.
Kebutuhan
efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap perusahan merasa perlu menerapkan
teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi menyebabkan perubahan-perubahan
terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Misalnya penggunaan Enterprise Resource
Planning (ERP). ERP menurut O’Brien dan Marakas (2011) adalah sistem lintas
fungsi yang mengintegrasikan
proses setiap lini dalam
manajemen perusahaan. ERP merupakan sistem informasi
perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi,
dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. ERP sebagai suatu sistem
yang terkomputerisasi
jika dimanfaatkan secara optimal dalam mengintegrasikan setiap proses
bisnis maka akan meningkatkan
efisiensi perusahaan.
Salah satu perusahaan yang
mengimplementasikan ERP dalam bisnisnya adalah PT. Pindo Deli
Pulp and Paper Mills. Dengan menerapkan ERP maka diharapkan visi perusahaan
untuk menjadi pabrik pulp and paper nomor satu yang berstandar
internasional dapat tercapai.
1.2 Tujuan
Pada makalah ini
akan dibahas mengenai penerapan ERP pada PT. Pindo Deli Pulp and
Paper Mills.
1.3 Manfaat
Manfaat
dari penulisan ini adalah agar kita mengetahui bagaimana proses penerapan ERP pada PT. Pindo Deli Pulp and
Paper Mills.
II.
TINJAUAN PUSTAKA
Enterprise
Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang mengintegrasikan seluruh departemen dan fungsi suatu
perusahaan ke dalam suatu sistem automasi keseluruhan proses bisnis guna
meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan.
ERP
menurut Russel dan Taylor (2003) adalah perangkat lunak yang mengorganisasi dan
mengelola proses bisnis sebuah perusahaan dengan cara sharing informasi antar area fungsional. ERP adalah sebuah kerangka kerja transaksi keseluruhan
perusahaan dengan berbagai hubungan ke pemrosesan pesanan penjualan, manajemen
dan pengendalian persediaan, perencanaan produksi dan distribusi, serta
keuangan. Semua jenis bisnis kini mengimplementasikan sistem ERP.
ERP bertindak sebagai tulang punggung lintas fungsi perusahaan yang
mengintegrasikan dan mengotomatisasi banyak proses internal dan sistem informasi
dalam fungsi produksi, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan sumber
daya manusia perusahaan. ERP adalah sistem lintas fungsi perusahaan yang
digerakkan oleh modul software suite
terintegrasi yang mendukung proses bisnis dasar internal perusahaan. Contohnya,
software ERP untuk perusahaan manufaktur umumnya akan memproses data dari dan
menelusuri status penjualan, persediaan, pengiriman, dan pembuatan faktur,
serta perkiraan bahan baku dan kebutuhan sumber daya manusia (O’Brien
dan Marakas, 2011). Pada Gambar .1 di bawah ini menjelaskan komponen aplikasi utama dari
sistem ERP.
Gambar .1
Komponen Aplikasi Utama ERP
Menurut
O’Brien dan Marakas (2011), sistem ERP dapat menghasilkan manfaat bisnis yang
signifikan bagi perusahaan, diantaranya:
1. Kualitas
dan Efisiensi
ERP menciptakan kerangka kerja yang
dapat mengefisienkan layanan pelanggan, produksi, dan distribusi
2. Penurunan
Biaya
ERP sebagai sistem yang terintegrasi menghasilkan
penurunan dalam biaya pemrosesan transaksi, hardaware, software dibandingkan
dengan sistem yang tidak terintegrasi.
3. Pendukung
Keputusan
ERP menyediakan informasi kinerja bisnis
lintas fungsi yang penting secara cepat sehingga membantu manajer dalam
mengambil keputusan tepat waktu.
4. Kelincahan
Perusahaan
ERP menghasilkan struktur organisasi,
tanggung jawab manajerial, dan peran kerja yang lebih fleksibel, serta
menghasilkan organisasi dan tenaga kerja yang lebih lincah dan adaptif dalam
memanfaatkan peluang baru bisnis.
Namun dibalik besarnya manfaat, implementasi ERP ini sendiri memiliki beberapa resiko yang
berkaitan dengan ukuran proyeknya, aplikasi teknologinya, struktur, stabilitas,
strategi maupun penggunanya. Serta tidak sedikit biaya yang
dikeluarkan perusahaan untuk investasi sistem ini. Biaya yang mungkin termasuk adalah biaya replacement
yang lama ke sistem yang baru, biaya training
dan peningkatan fasilitas, biaya konsultan maupun biaya tak terlihat seperti
biaya tambahan akibat pergantian sistem.
III.
METODOLOGI
3.1
Objek dan Waktu Penulisan
Objek yang dibahas pada paper ini
adalah Penerapan Enterprise Resource
Planning (ERP) pada
PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills. Pemilihan objek dilakukan secara purposive
(sengaja). Kegiatan pengumpulan data hingga penulisan paper dilaksanakan
pada bulan Oktober hingga Desember 2014.
3.2 Metodologi
Metodologi yang digunakan dalam makalah
ini adalah metode deskriptif. Tujuan dari metode deskriptif adalah untuk
memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta
dan sifat-sifat dari objek tertentu.
3.3 Jenis dan
Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data sekunder. Data sekunder diperoleh dari berbagai studi literatur
diantaranya adalah penelitian terdahulu, buku, serta artikel elektronik yang
diakses dari internet.
3.4 Analisis
Data
Data sekunder yang telah diperoleh
kemudian dianalisa secara kualitatif. Pada bab pembahasan dipaparkan mengenai Enterprise Resource Planning (ERP) dan
selanjutnya diulas secara singkat dengan merujuk pada literatur terkait.
IV.
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills merupakan salah
satu perusahaan yang bergerak dalam industri pulp and kertas di
Indonesia. PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills ini mulai beroperasi pada tahun
1977. PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills mengolah bahan baku yaitu pulp
menjadi beberapa macam jenis kertas, seperti ; kertas printing dan
kertas non printing, yang didistribusikan di Indonesia bahkan sampai ke
luar negeri. Jenis kertas bervariasi mulai dari art Paper, art board,
cast coated paper, dan cast coated board. PT. Pindo Deli Pulp and
Paper Mills terkenal dengan produk andalannya yaitu “Top Quality Paper”
dengan merk dagang “Bola Dunia”. Sampai saat ini, PT. Pindo Deli Pulp and Paper
Mills merupakan salah satu pabrik penghasil kertas terbaik di Indonesia.
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, kini PT. Pindo Deli Pulp
and Paper Mills bergabung dengan Grup Sinar Mas di bawah payung APP (Asia
Pulp and Paper). Visi dan misi PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills adalah
sebagai berikut:
Visi:
“Menjadi
pabrik pulp and paper nomor satu yang berstandar internasional di abad
21, guna menciptakan nilai yang lebih besar bagi pelanggan, pemegang saham, karyawan
dan masyarakat.”
Misi:
1.
Meningkatkan pangsa pasar secara global.
2.
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3.
Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan.
V.
PENERAPAN ENTREPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA PT. PINDO DELI
PULP AND PAPER MILLS
PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills menerapkan ERP
untuk mempercepat komunikasi serta memudahkan pihak manajemen mengambil
keputusan secara tepat dan cepat. PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills merupakan
perusahaan pertama yang menjadi pilot
project implementasi ERP di grup perusahaan APP (Asia Pulp and Paper)
pada tahun 1996. Software ERP yang digunakan oleh PT. Pindo Deli Pulp and Paper
Mills adalah SAP (System Application Product in Data Processing).
Beberapa hal yang melatarbelakangi PT. Pindo Deli
Pulp and Paper Mills mengimplementasikan ERP adalah:
1.
Perusahaan ingin memberikan pelayanan
yang lebih baik kepada pelanggan berupa kualitas dan ketepatan waktu.
2.
Perusahaan ingin mengintegrasikan sistem
internal yang ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
3.
Perusahaan ingin mengintegrasikan
aktivitas bisnis dengan supplier maupun retailer mulai dari proses pembelian
material hingga pengiriman sehingga dapat mempersingkat waktu pengiriman dan
menyederhanakan proses administrasi.
SAP merupakan aplikasi utama yang digunakan oleh PT.
Pindo Deli Pulp and Paper Mills untuk mendukung proses bisnis perusahaan.
Berikut ini adalah modul-modul SAP yang diimplementasikan pada PT. Pindo Deli
Pulp and Paper Mills beserta fungsinya:
1. Finance and Costing
Modul ini digunakan
pada bagian Finance yang terdiri dari (a) Invoice, berfungsi untuk mengelola tagihan
keuangan (b) Finance, berfungsi untuk mengelola arus
keuangan perusahaan dan (c) Costing, berfungsi untuk membuat jurnal, neraca, balance sheet dan
penghitungan gaji.
2. Material Management
Modul ini digunakan
pada bagian Administration B dan Sales & Marketing, terdiri
dari (a) Procurement berfungsi
untuk mengatur pembelian bahan baku, spareparts, dan barang jadi, (b) Inventory
Management berfungsi untuk mengatur
persediaan bahan baku, spare parts, dan barang jadi (c) Warehouse
Management berfungsi untuk mengatur
letak dan pengkodean dari masing-masing produk yang dihasilkan dan (d) Business Intelligent Warehouse berfungsi untuk mengatur proses
pelaporan produksi.
3. Quality
Management
Modul ini digunakan
pada bagian Technical Division, berfungsi sebagai sistem yang dapat
melakukan pengecekan terhadap kualitas bahan baku dan sparepart.
4. Human Resource Management
Modul
ini digunakan oleh semua karyawan. Modul ini terdiri dari (a) Electronic
Data Management berfungsi
untuk mengatur penyimpanan data-data perusahaan (b) Time Event Management
berfungsi untuk mengatur keluar
masuknya karyawan kedalam perusahaan (c) Organization Management berfungsi untuk mengatur struktur
organisasi, sistem manajemen, dan letak tiap-tiap unit yang ada di perusahaan
(d) Recruitment berfungsi
untuk mengatur perekrutan dan pelatihan karyawan.
5. Sales and Distribution
Modul ini digunakan
pada bagian Sales & Marketing dan Administration B terdiri dari (a) Billing berfungsi
untuk untuk pembuatan nota-nota pembayaran, pembelian, tagihan-tagihan,dan lainnya
(b) Shipment berfungsi
untuk mengatur pengiriman produk dan (c) Sales and order berfungsi untuk mengatur penjualan
dan permintaan terhadap produk.
6. Plant
Maintenance
Modul ini digunakan
pada bagian Production yang terdiri dari (a) Corrective Management
berfungsi untuk menentukan
jadwal shutdown dan (b) Plant
Management berfungsi untuk mengatur
mesin-mesin yang ada di pabrik.
7. Supplier
Relationship Management (SRM)
Modul ini digunakan
untuk mengatur hubungan antara perusahaan dengan supplier-supplier perusahaan.
SRM digunakan oleh bagian Purchasing dan Administration B.
8. Project
Management
Modul ini digunakan
pada bagian Civil, yang digunakan untuk mengelola budgeting dan perencanaan proyek-proyek perusahaan yang akan dibuat
misalnya untuk pembangunan pabrik baru.
Sebagai salah satu perusahaan produsen kertas yang
menerapkan ERP, maka PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills dapat memperoleh
manfaat dalam sisi fungsionalitas dan operasional. Secara lebih spesifik,
manfaat yang diperoleh yaitu adanya informasi yang tepat, cepat serta akurat
dalam bidang keuangan, manajemen bahan baku, penjualan, personalia, perawatan
dan pemeliharaan serta pengontrolan produksi.
Sebelum menggunakan system ERP, PT. Pindo Deli Pulp
and Paper Mills menggunakan aplikasi berbasis hardware IBM AS/400 yang belum terintegrasi yang dikembangkan
sendiri oleh tim TI internal perusahaan. Pengembangaan saat itu hanya untuk
memenuhui kebutuhuan unit bisnis sendiri dan dilakukan secara parsial.
Manfaat lainnya yang diperoleh oleh
PT. Pindo Deli Pulp and
Paper Mills setelah menerapkan sistem ERP adalah:
1. Meningkatkan
efisiensi sebesar lebih kurang 30% karena sistem yang terintegrasi serta proses
pengambilan keputusan pun akan lebih.
2.
Mempercepat proses pembelian material
karena dapat dilakukan dalam waktu beberapa jam saja.
3.
Mempercepat pengiriman barang yang dalam
jangka waktu 1 bulan dapat dilakukan 2-3
kali pengiriman.
4.
Pengurangan kertas untuk keperluan
administrasi.
5.
Penurunan jumlah keluhan dari pelanggan.
Walaupun banyak manfaat
yang kini diperoleh, namun PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills juga perlu
memperhatikan dan mewaspadai faktor-faktor yang dapat mengancam penerapan ERP yang
saat ini diterapkan. Faktor-faktor tersebut diantaranya:
1.
Masalah
Internal Perusahaan
Terkadang sistim ERP yang
telah berhasil dibuat untuk perusahan bisa juga gagal walaupun sistem tersebut
telah memenuhi kebutuhan pengguna karena departemen di dalam perusahaan yang
akan terlibat di dalam penggunaan sistem sebagian ada yang tidak menyetujui
format laporan ataupun informasi yang di keluarkan oleh sistem.
2.
Kostumisasi
Sistem yang Berlebih
Fitur yang sangat lengkap diinginkan oleh banyak perusahaan
yang menerapkan ERP, namun terkadang permintaan tersebut bisa merubah sistem
menjadi sangat rumit dan sulit untuk digunakan sehingga nantinya bisa menjadi
indikasi perusahaan untuk tidak menggunakan sistem dan kembali ke cara lama
yang membuat investasi perusahaan akan terbuang sangat percuma.
3.
Kurangnya
Pelatihan & Sosialisasi
Kurangnya pelatihan dan sosialisasi dan perusahaan yang menyepelekan
kerumitan sistem yang dibangun maka bisa berakibat gagalnya implementasi.
VI.
KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills telah
menggunakan sistem ERP yang berbasis software
SAP (System Application Product in Data Processing). Modul SAP yang
diimplementasikan diantaranya adalah Finance
and Costing, Material Management, Warehouse Management, Quality Management,
Human Resource Management, Sales and Distribution, Plant Maintenance, Supplier
Relantionship Management, serta Project Management.
Penerapan ERP pada PT. Pindo Deli Pulp and Paper
Mills dapat mempercepat komunikasi, memudahkan pihak manajemen mengambil keputusan
secara tepat dan cepat, serta meningkatkan layanan kepada pelanggan.
6.2 Saran
Untuk meminimalisir hambatan dan ancaman yang
mungkin terjadi terhadap sistem ERP PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills,
diperlukan keselarasan antara bisnis proses, SDM, serta teknologi informasi
serta perusahaan perlu fokus pada perbaikan terus-menerus melalui pemantauan
terhadap sistem ERP yang telah dijalankan.
DAFTAR
PUSTAKA
-
O’Brien
& Marakas. 2011. Management Information System Tenth Edition. New
York: Mc.Graw-Hill Companies.
- O’Brien & Marakas. 2011. Management Information System Tenth Edition. New York:Mc.Graw-Hill Companies.
- Russel,
RS dan Taylor, BW. 2003. Operation
Management Fourth Edition. Pearson Education Inc., New Jersey.
Posted by 19.03.00 and have
0
komentar
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar